Minggu, 06 April 2014

Wisata Kepantai Ngurtafur, Maluku

Posted at  06.19  |  in  Pantai

Wisata Kepantai Ngurtafur, Maluku | Indonesia bagaikan surga dengan berjuta keindahan yang mampu memuaskan mata dan hati. Wisata pantai yang tesedia dari belahan barat hingga timur Indonesia menjadi sebuah keunggulan Indonesia yang diberikan Sang Pencipta untuk kita semua.

Keindahan itu salah satunya adalah yang dapat Anda nikmati di Provinsi Maluku, pulau yang selain dikenal dengan sejarah rempah-rempahnya itu memiliki keindahan pesisir dan surga bawah laut nan menawan.


Pantai Nurtafur, Maluku Tampak dari atas

Di Maluku ada sebuah pantai unik dengan pemandangan laut biru luas yang luar biasa. Pantai itu bernama Ngurtafur dan terletak di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara. Kepulaun Kei sendiri merupakan gugusan pulau yang berada di antara Laut Seram, Laut Banda dan Laut Arafuru. Kepulauan ini terbagi dua yaitu Pulau Kei Besar dan Pulau Kei Kecil.

Pantai yang terletak di Pulau Warbal, Kabupaten Maluku Tenggara ini memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan pantai pada umumnya. Umumnya, pantai terletak memanjang di tepian pulau, namun pantai Ngurtafur ini justru memanjang dari tepi Pulau Warbal ke arah laut sepanjang dua kilo meter dengan lebar kurang lebih tujuh meter. Sehingga bila berdiri di pantai ini seolah terdapat dua pantai dari sisi kanan dan kiri.

Pinggiran Pantai Nurtafur, Maluku

Keunikan Pantai ini makin terasa lengkap dengan pemandangan dan panorama alam yang luar biasa. Pasir putih yang melapisi tepian pantai berpadu harmonis dengan air laut yang begitu jernih serta ombak yang cukup tenang.

Semilir angin pun terasa syahdu dengan iringan gulungan ombak yang menyejukan hati. Begitu terasa keindahan dan keagungan ciptaan Tuhan di pantai Ngurtafur.

Menuju ke pantai ini memang cukup sulit, dibutuhkan waktu kurang lebih 1 1/2 jam menuju ke Pulau Warbal. Namun, lelahnya perjalanan akan terbayar langsung dengan pemandangan yang menakjubkan yang seakan mengucapkan selamat datang kepada Anda. Begitu indahnya Pantai Ngurtafur ini, sehingga mata seakan tidak akan rela berkedip untuk kehilangan keindahan ciptaan Tuhan ini.

Selain itu disekitar pantai juga terkenal dengan tempat Penyu Belimbing mencari makan. Penyu Belimbing yang dikenal sebagai Tabob dalam bahasa setempat merupakan salah sati hewan purba yang dilindungi di dunia. Sehingga tak heran jika disekitaran pantai terdapat konservasi Penyu Belimbing yang dikelola langsung oleh WWF.
 
Penyu Pantai Nurtafur, Maluku

Pantai Ngurtafur memang memiliki keunikan dan keindahan yang menakjubkan. Eksotisme keindahan pantai ini juga merepresentasikan keindahan dan keagungan Sang Pencipta. Selain itu, keindahan Pantai Ngurtafur ini juga merupakan anugrah bagi bumi pertiwi yang harus dijaga keindahan serta kelestariannya.

Di pantai jernih yang dihiasi oleh rimbun dan hijaunya pepohonan ini, Anda bisa bersantai merasakan halusnya sentuhan pasir pantai di telapak kaki Anda. Jika mau, Anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti berenang dan snorkeling. Sementara pemandangan daratan pantai ini begitu memesona, pemandangan bawah lautnya pun akan memukau mata. Bahkan terumbu karang di pantai ini dapat dilihat langsung dari atas kapal. Berbagai species ikan juga terlihat hilir mudik kian kemari seolah ingin mengajak Anda bermain.

Untuk bisa menikmati berbagai macam keindahan Pantai Ngurtafur memang membutuhkan perjalanan yang tidak sebentar namun percayalah ketika Anda tiba di pantai ini semua kelelahan tersebut akan terbayarkan. Karena pantai ini bukan gurauan dan juga bukan khayalan.

Transportasi

Wisata Kepantai Ngurtafur, Maluku | Pastinya Anda harus terlebih dahulu melakukan penerbangan ke Bandara Pattimura, Ambon, ibu kota Maluku. Dari bandara ini, ambil penerbangan ke Bandara Dumatubun Langgur dengan lama perjalanan sekira 1,5 jam. Setibanya di Langgur, lanjutkan perjalanan menuju Tual. Untuk menuju Ngurtafur, Anda dapat menyewa kapal motor di Pelabuhan Debut. Kapasitas angkut kapal sebanyak 15 orang dengan biaya sewa untuk pulang pergi (PP) sekira Rp700.000,- sampai Rp1000.000,-. Lama perjalanan sekira satu setengah jam.

Akses lain dapat menggunakan kapal laut langsung dari Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon. Lama perjalanannya menuju Pelabuhan Tual sekira 18 jam. Sebelum menuju Tual, kapal akan singgah terlebih dahulu di Pelabuhan Banda Naira. Setibanya di Tual, Anda bisa melajutkan perjalanan ke Ngurtafur menggunakan speed boat selama 1,5 jam.

Akomodasi

Tidak perlu kawatir, tersedia penginapan di sekitar Pantai Ngurtafur yaitu Homestay Evalin di Pantai Ngurbloat, Ngilngof. Philips homestay di Pantai Ngursamadan, Ohoililir, dan Coaster Cottage di Pantai Ngursamadan, Ohoililir. Jika Anda memproritaskan kenyamanan maka Coaster Cottage cocok karena memiliki bangunan baru dengan pemandangan langsung menghadap ke pantai. Biaya menginap di Coaster Cottage Rp150.000,- sampai Rp200.000,- per malam.

Tips
Berikut adalah beberapa tips sebelum anda berpergian ke Panta Ngurtafur, Maluku :
  1. Disarankan untuk membawa perbekalan makanan dan minuman karena tidak ada warung di sekitar area Ngurtafur.
  2. Waktu terbaik menuju tempat indah ini adalah antara April hingga Mei dan Oktober hingga Desember. Itu karena cuacanya terbilang sedang cerah dan   ombak pantai cenderung tenang.

Demikianlah, postingan kali ini mengenai "Wisata Kepantai Ngurtafur, Maluku". Semoga bisa menjadi bahan acuan bagi kalian yang ingin berwisata kesana.

Share this post

About Erwan Setiawan

Saya adalah seorang manusia biasa yang hanya ingin belajar dan terus belajar untuk kehidupan lebih baik Google+.

0 komentar:

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 Informasi Tempat Wisata. Distributed By Blogger Themes | Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top