Senin, 03 Februari 2014

Berwisata Ke Gunung Bromo

Posted at  03.30  |  in  Pegunungan

Sekilas Tentang Gunung Bromo

Gunung Bromo | Berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, memiliki keunikan dengan pasir laut seluas 5.250 hektar di ketinggian 2392 m dpl. Disana anda dapat berkuda dan mendaki Gunung Bromo melalui tangga dan melihat Matahari terbit. 

Keindahan Gunung Bromo

Gunung Bromo berasal dari kata Brahma (salah seorang Dewa agama Hindu). Bromo merupakan gunung api yang masih aktif dan terkenal sebagai ikon wisata Jawa Timur. Gunung ini dihuni oleh masyarakat suku Tengger yang meyakini bahwa Gunung Bromo merupakan tempat dimana seorang pangeran mengorbankan hidup untuk keluarganya

Gunung Bromo tidak sebesar gunung api lainnya di Indonesia tetapi memiliki pemandangannya yang spektakuler dan dramatis. Keindahannya yang luar biasa membuat wisatawan yang mengunjunginya akan berdecak kagum.

Ada kebiasaan masyarakat di sini melakukan festival Yadnya Kasada atau Kasodo setahun sekali dengan mempersembahkan sayuran, ayam, dan uang yang dibuang ke dalam kawah gunung berapi untuk dipersembahkan kepada dewa.

Rute Ke Gunung Bromo

Untuk sampai ke Gunung Bromo, Anda dapat mengendarai mobil dengan rute Surabaya-Pasuruan-Wonokitri-Gunung Bromo.  Perjalanaan ini menghabiskan waktu 2 sampai 3 jam.

Namun, terdapat tiga pintu masuk lain selain jalur di atas, yaitu Desa Cemorolawang bila Anda melalui jalur lewat Probolinggo, Desa Ngadas bila Anda melalui jalur lewat Malang, dan Desa Burno bila lewat jalur dari Lumajang. Kesemua jalur ini dapat ditempuh dengan nyaman di atas kendaraan roda empat.

Biasanya rute-rute atau jalur yang digunakan ialah:
  1. Pasuruan – Warung Dowo – Tosari – Wonokitri – Gunung Bromo, berjarak 71 km.
  2. Malang – Tumpang – Gubuk Klakah – Jemplang – Gunung Bromo, berjarak 53 km.
  3. Malang – Purwodadi – Nongkojajar – Tosari – Wonokitri – Penanjakan, berjarak 83 km.


Kuliner

Sedikit sulit untuk mendapatkan makanan di daerah inti taman nasional. Namun jika Anda lupa membawa makanan, restoran-restoran dekat Gunung Bromo buka dari pukul 3 pagi hingga 9 malam di Desa Wonokitri, daerah Pasar Tosari. Warung-warung dan restoran-restoran tersebut menyediakan berbagai macam makanan khas Indonesia seperti ketoprak, nasi goreng, rujak cingur, bandrek, dan banyak lagi yang lainnya.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Gunung Bromo

Aktivitas yang bisa kita lakukan atau wajib kita lakukan bila berada di gunung bromo adalah sebagai berikut:

Kegiatan Berkuda Di Gunung Bromo
  1. Menyaksikan matahari terbit yang spektakuler dari Gunung Bromo merupakan kegiatan puncak dari wisata di Bromo.
  2. Datanglah pada bulan Kesepuluh (biasanya bulan September-November) dan saksikan festival Kasada tahunan dimana suku Tengger datang ke Bromo untuk melemparkan sesajen yang terdiri dari sayuran, ayam, dan uang ke dalam kawah gunung berapi.
  3. Berkuda di atas lautan pasir yang hanya dimiliki taman nasional ini merupakan pengalaman tak berbanding. Lautan pasir ini begitu luas dan dengan ketinggian 2.392 meter, keunikan alam ini hanya ada di Indonesia. Lautan pasir ini terlihat mengagumkan saat matahari menyapukan sinarnya yang kejinggaan di pagi hari, terlihat jelas dari Cemorolawang, salah satu pintu masuk kawasan taman nasional ini.
  4. Para pendaki Gunung Semeru, selalunya melakukan detour ke beberapa danau dingin yang selalu berkabut, yaitu Ranu Pani, Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo. Hal ini merupakan sebuah pengalihan fokus perjalanan yang mengesankan.

Tips Bagi Wisatawan Yang Ingin Berkunjung Ke Gunung Bromo


Disini admin akan memberikan beberapa tips, bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke gunung bromo yang antara lain adalah:
  1. Sebaiknya Anda membawa jaket, sarung tangan, dan topi atau penutup kepala lainnya, jika Anda tidak kuat dengan udara dingin karena suhu udara di Gunung Bromo berkisar antara 3°-20° celcius, namun dapat berada beberapa derajat di bawah nol selama musim kemarau. Setelah matahari terbit cuacanya dengan cepat menjadi cukup panas di sini.
  2. Jangan lupa membawa kamera atau handycam agar Anda dapat menangkap momen keindahan alam yang menakjubkan ini.
  3. Dari Penanjakan ke Lautan Pasir, rute sangat curam, sehingga kendaraan roda empat biasa tidak disarankan. Berkuda, jalan kaki, atau menyewa kendaraan  4X4 dari pemandu wisata dapat menjadi alternatif. 

Nah, itulah sedikit ulasan tentang "Berwisata Ke Gunung Bromo". Semoga bisa menjadi panduan bagi kalian semua yang ingin berwisata kesana.


Share this post

About Erwan Setiawan

Saya adalah seorang manusia biasa yang hanya ingin belajar dan terus belajar untuk kehidupan lebih baik Google+.

3 komentar:

  1. Ane sering banget denger gunung bromo, tapi keknya ane gak bisa bermimpi buat berwisata kesana..., penghasilan ane dibawah standar makanya gak bisa bermimpi buat berwisata ke gunung bromo...

    BalasHapus
  2. Makasih infonya.. Jadi pengen ke sana.. Mudah2an nanti kesampaian

    BalasHapus
  3. kapan bisa ke gunung bromo.... gunung yang nan indahnya..... :)

    BalasHapus

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 Informasi Tempat Wisata. Distributed By Blogger Themes | Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top