Sabtu, 01 Februari 2014

Berwisata Ke Bangunan - Bangunan Bersejarah Di Jawa Barat

Posted at  01.39  |  in  Bangunan Bersejarah

Berwisata sambil mengenang sejarah???
Kenapa Tidak !!!!

Kali ini admin akan memposting beberapa tempat wisata di daerah jawa barat yang memiliki nilai sejarah.

Mau Tahu apa saja??? Simak penjelasan dibawah ini:

Tempat Bersejarah Di Jawa Barat Yang Dapat Dijadikan Sebagai Obyek Wisata

Daerah Bandung

Musium Konfrensi Asia Afrika / Gedung Merdeka
Kalau kita ke Bandung, tidak salahnya jika kita berkunjung sejenak ke Gedung Merdeka atau biasa juga disebut Gedung Konfrensi Asia Afrika. Gedung merdeka ini terletak Jl.Asia Afrika no.65.

Disana kita bisa melihat koleksi foto pertemuan presiden Soekarno, Chou En-Lai, Ho Chi Minh, Nasser & pemimpin dunia ketiga yg memerintah thn 1950-an.
Musium KAA itu sendiri buka Senin sampai dengan Jumat, jam 08.00 sampai dengan 18.00. Dulu namanya Societeit Concordia, ruang pertemuan berbagai organisasi Belanda, arsitek C.P.Wolff Schoemaker, dibangun thn 1902.


Gedung Sate.
Gedung sate ini berada tepat di Jl.Diponegoro no.22 ini merupakan bangunan pertama di Bandung yg menggunakan konstruksi beton bertulang. Dibangun thn 1920, arsiteknya J.Gerber.

Di utara gedung, terhampar lapangan Gasibu & Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat ( MPRJB ), di mana sering digunakan berbagai lokasi even2 yg menarik. Yg rutin, minggu pagi jadi lokasi pasar kaget, sebelumnya senam massal.

Institut Teknologi Bandung ( ITB ).
Ini merupakan kampusnya seorang Soekarno yg belajar teknik sipil ( 1920-1925 ), yg kemudian membentuk Bandung Studi Club, yang dmana sebagian anggotanya lalu membentuk Partai Nasional Indonesia ( PNI ) yg bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia. Dibangun thn 1920, arsitek Maclaine Pont. Ada galeri seni di dalamnya, Taman Ganeca di depannya ( bisa menyewa kuda utk berkeliling melihat taman & bangunan kuno ). 4-5 tahun sekali digelar Pasar Seni ITB di koridor jalan.

Museum Geologi.
Museum ini tepat berada di Jl.Diponegoro 57. Disana kita bisa melihat koleksi terkait sejarah bumi, bebatuan, mineral, gunung api, fosil manusia Jawa kuno, kerangka T-rex, fosil makhluk purba asli maupun replika, terlengkap di Asia Tenggara. Museum dibuka Senin-Kamis, jam 9 – 15.00. Pengunjung sampai 3000 org pada hari libur.

Musium yg dibangun tahun 1929, diarsiteki Menalda van Scouvburg, dulunya : laboratorium & tempat penyimpanan hasil penyelidikan geologi & pertambangan di berbagai wilayah Indonesia. Kini berfungsi lebih luas sbg sarana penelitian, pendidikan, penyedia berbagai informasi ilmu kebumian & obyek pariwisata.

O, iya...
Museum ini berada tidak jauh dari Gedung Konfrensi Asia Afrika.

Museum Mandala Wangsit.
Museum yang berada di Jl.Lembong 38 ini merupakan Museum Angkatan Darat yg menceritakan banyak sejarah perjuangan gagah berani para pahlawan di Bandung, ada penjelasan tentang markas militer Siliwangi.

Museum Negeri Sri Baduga.
Museum yang berada di Jl. Otoiskandardinata 638 ini kita bisa Melihat koleksi benda alam & peninggalan masyarakat Sunda. Buka tiap hari  jam 8.00 – 14.00, kecuali Senin.

Museum Perangko.
Museum yang berada di Jl.Diponegoro 22 ( timur laut Gedung Sate ) kita Melihat koleksi ribuan perangko, dalam & luar negeri, kotak pos, kereta dorong pos, dll. Buka Senin-Jumat, jam 9.00-15.00.

Bogor

Istana Bogor.
Siapa yang tidak kenal Istana Bogor???. Bangunan yang berada di Timur laut Kebun Raya Bogor ini dahulu menjadi kediaman Gubernur Jenderal Belanda ( 1870-1942 ).

Namun, sejak tahun 1950 menjadi Istana Kepresidenan RI. Tradisi memelihara rusa di halaman tetap dipertahankan.

Istana bogor ini hanya bisa dimasuki rombongan ( min.10 org ) dgn minta izin ke kantor pariwisata di Jl.H.Juanda 10, telp.0251-338052

Batu Bertulis.
Bangunan / benda bersejarah ini terletak 2,5 km selatan Kebun Raya Bogor. Batu ( prasasti ) utk menghormati Raja Pajajaran, Sri Baduga Maharaja ( 1482 -1521 )

Batu Tulis Ciaruteun.
Prasasti Batu Tulis Ciaruteun ini berada di 12 km dari Bogor, dekat desa Ciampea Melihat batu besar bertulis huruf palawa kuno & pahatan 2 telapak kaki ( abad 5 ), berbunyi,”Ini tapak kaki seperti kaki Dewa Wisnu, penguasa dunia yg gagah berani, Sang Purnawarman, Raja di Negeri Taruma”.

Garut
Candi Cangkuang,
Candi yang berada di 10 km utara Garut, dekat Leles ini adalah  candi Hindu peninggalan abad ke-8 di tengah danau Situ Cangkuang yg damai & berpanorama menarik.

Disana terdapat makam Embah Dalem Arif Muhammad, penyebar agama Islam dari kerajaan Mataram, Jawa Timur. Datang utk menyerang tentara VOC di Batavia seraya menyebarkan agama Islam di desa Cangkuang & Garut.

Kampung Naga, antara Garut & Tasikmalaya
Melihat desa tradisional khas Sunda yg indah, dgn persawahan, perbukitan mengitarinya. Rumah beratap ijuk, tanpa listrik, televisi, atau perangkat teknologi modern lainnya.
Dikampung ini terdapat  110 unit rumah dengan bentuk seragam, dan tidak bertambah atau pun berkurang selama ratusan tahun.

Warga yang mendiami kampung tersebut merupakan keturunan kerajaan Galunggung ( abad 15 ) yg bersembunyi dari kejaran kaum pemberontak. Mereka membawa pusaka kerajaan dan menjalankan tradisi masa lalu itu hingga kini.

Wisatawan yang berkunjung kesana bisa menginap di rumah penduduk selama seminggu asal seizin tetua adat dan menaati larangan utk tidak memotret tempat - tempat tertentu, tidak masuk hutan larangan, tidak mandi di air terjun desa yang dinyatakan terlarang, dll.

Karang Komulyan, 16 km dari Ciamis
Melihat kawasan arkeologis Kerajaan Galuh, kerajaan Hindu pertama di Jawa berupa dinding batu & pemandian, tempat berdoa & penyimpanan barang. Sisa bangunan purbakala yg terlihat dari abad ke-5, masa sebelum Hindu masuk Jawa.

Sebenarnya masih banyak lagi Bangunan - Bangun bersejarah yang bisa dijadikan tempat wisata. Bagi yang tahu silakan tambahkan di komentar ^_^

Share this post

About Erwan Setiawan

Saya adalah seorang manusia biasa yang hanya ingin belajar dan terus belajar untuk kehidupan lebih baik Google+.

0 komentar:

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 Informasi Tempat Wisata. Distributed By Blogger Themes | Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top