Senin, 27 Januari 2014

Pantai Senggigi Lombok

Posted at  20.35  |  in  Pantai

Pantai Senggigi Lombok | merupakan objek wisata pantai yang wajib dikunjungi jika anda berpergian ke daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi ini terletak 12 Kilometer di sebelah barat laut kota Mataram, dan merupakan obyek wisata pantai yang terkenal dengan keindahan dan kealamian pantainya.

Maka tidak jarang, banyak masyarakat sering menyejajarkan keindahan pantai senggigi ini dengan pantai-pantai ternama di Pulau Bali, seperti Kuta, Legian, dan Sanur. Bahkan, keindahan Pantai Senggigi sering dilukiskan melebihi pantai-pantai tersebut, karena kondisinya yang jauh lebih nyaman dan tenang. Mungkin hal ini terkait dengan belum maraknya kedatangan turis mancanegara di pantai ini.

Pantai Senggigi Lombok

Pantai Senggigi merupakan kawasan wisata pantai andalan Propinsi Nusa Tenggara Barat, pantai ini masih relatif alami dan terjaga kebersihannya.

Pantainya yang masih asri, debur ombaknya yang tak terlalu besar, dan keindahan pemandangan bawah lautnya, semakin mencerminkan bahwa pantai senggigi ini merupakan tempat idaman bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk melupakan sejenak rutinitas keseharian dan suasana perkotaan.

Keistimewaan Pantai Senggigi

Pantai Senggigi ini memiliki keistimewaan tersendiri. Saat memasuki kawasan pantai, wisatawan akan disambut oleh semilir angin yang berhembus di sepanjang gugusan pantai di Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat ini. Suasananya yang segar, nyaman, dan indah seolah menyapa wisatawan di awal kunjungannya.

Saat telah berada di pinggir pantai, mata para wisatawan akan disuguhi oleh keindahan pantai berlatar pesona ombak yang saling berkejaran, pasir putih yang menghampar, dan ribuan binatang kecil yang menyebar di hamparan pasirnya, serta lanskap Gunung Agung di pulau seberangnya (Pulau Bali).

Pantai Senggigi banyak menawarkan pesona pantai yang khas. Suasana yang alami karena belum banyak dijejali oleh turis asing, seolah menjadi penanda beda pantai ini dengan pantai-pantai di Bali.

dan tentunya ini memberi nuansa tersendiri bagi para pengunjung. Sehingga tidak heran, kini pantai senggigi dijadikan tujuan alternatif baru para wisatawan yang merindukan suasana kesunyian alami yang menenangkan.

Banyak aktivitas wisata yang dapat kita lakukan saat mengunjungi pantai ini, seperti berenang, bermain air, menyelam, snorkeling, berjemur, dan bermain–main membuat istana pasir. Jika mentari sore telah mulai meredup, wisatawan juga dapat meluangkan waktunya untuk sekedar berjalan santai dengan bertelanjang kaki menelusuri pinggir pantai, duduk di hamparan pasir dengan mangamati biru-hijau air laut, atau bersantai di gerai hotel pinggir pantai sembari menunggu sunset tiba.

Bagi pengunjung yang ingin berenang atau sekedar bermain air, disarankan untuk lebih berhati-hati, karena di pinggir pantai banyak terdapat karang-karang runcing yang cukup membahayakan kaki.

Saat berjalan menyusuri pinggir Pantai Senggigi, kurang lebih sekitar setengah jam, wisatawan akan menemukan sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di pinggir pantai. Pura inilah yang oleh masyarakat sekitar diberi nama Pura Batu Bolong.

Menurut legenda setempat, dahulu kala di pura ini sering diadakan pengorbanan seorang perawan, sebagai sajian makanan untuk Ikan Hiu yang tinggal di pantai. Legenda lain mengatakan, pura ini juga merupakan tempat para wanita menerjunkan dirinya ke laut karena patah hati.

Aktivitas menarik lainnya yang dapat dilakukan adalah menyusuri Pantai Senggigi pada malam hari, khususnya saat purnama tiba. Pengunjung akan menemui banyak orang/warga sekitar yang memanfaatkan hangatnya pasir Senggigi untuk terapi kesehatan.

Mereka mengubur sebagian atau seluruh tubuh sampai leher selama 2—3 jam, sembari mendengarkan deburan ombak yang memecah kesunyian. Terapi ini diyakini masyarakat sekitar dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti pegel linu hingga kelumpuhan. Jika tertarik dengan aktivitas ini, wisatawan dapat ikut bergabung dan mencobanya.
 

Kuliner Senggigi Lombok

Kuliner Senggigi Lombok

Untuk urusan perut, wisatawan dapat mencoba kelezatan jenis-jenis hidangan/sajian makanan khas Lombok di restoran-restoran yang berjajar rapi di pinggir pantai. Harganya bervariasi mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 300.000 per orang. Tentu, bersantap ria di pinggir pantai diterangi cahaya rembulan dan dihibur oleh orkestra debur ombak pantai sungguh sayang jika dilewatkan begitu saja.

Tidak ada salahnya anda selama berada di lombok dan mencari - cari referensi tempat wisata di kota lombok anda juga bisa membaca Keindahan Gunung Rinjani untuk menjadikan acuan anda dalam berpergian nanti.

Share this post

About Erwan Setiawan

Saya adalah seorang manusia biasa yang hanya ingin belajar dan terus belajar untuk kehidupan lebih baik Google+.

1 komentar:

  1. SENGGIGI BEACH pantai yang menarik
    saya sudah berapa kali kesana gan
    makasih sudah share..artikel yang sangat menarik

    BalasHapus

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 Informasi Tempat Wisata. Distributed By Blogger Themes | Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top